Monday, 27 April 2015

On 08:41 by Muhammad Imam Rozali in    No comments


Pada umumnya nih, kalau orang mau melakukan suatu amalan, akan lebih semangat lagi kalau mengetahui manfaat dari melakukan amalan tersebut. Tidak salah dan sangat manusiawi, juga belum tentu dinamakan tidak ikhlas. Toh, banyak juga ayat-ayat dalam Al Quran yang isinya menjelaskan tentang suatu ibadah yang apabila ibadah tersebut dilakukan maka kita akan mendapatkan hadiah tertentu dari Allah.

Begitu juga, jika kita  dianjurkan beristighfar, maka tentu saja ada banyak hadiah, rahasia, keajaiban dan manfaat yang akan dirasakan oleh mereka yang suka dan rutin membacanya. Apa-apa saja rahasia istighfar yang bisa Anda peroleh setelah Anda rutin membacanya ?

Allah akan memberikan ampunan
Hal ini berdasarkan ayat Al Quran surat Nuh ayat 10.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

"Maka aku katakan kepada mereka, beristighfarlah kamu kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun"

Menurunkan hujan saat dibutuhkan
Jika kita mengalami musim kemarau yang berkepanjangan, maka dianjurkan untuk shalat istisqa dan banyak-banyak beristighfar. Insya Allah, hujan akan segera turun dengan derasnya. Jika hujan telah dianugerahkan, maka nikmat lainya akan berdatangan seperti tanah yang subur, tumbuhan yang banyak buahnya serta hewan-hewan yang gemuk, tercukupinya kebutuhan hidup manusia, kesehatan serta anak-anak yang banyak dan sholeh.

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

"Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu.." 
(Q.S Hud : 52)

Allah memberikan kenikmatan yang banyak
Yakinlah bahwa dengan mendawamkan istighfar, kenikmatan akan datang terus menerus.

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى


"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan..."
(Q.S Hud : 3)


Allah akan menurunkan rahmat

قَالَ يَا قَوْمِ لِمَ تَسْتَعْجِلُونَ بِالسَّيِّئَةِ قَبْلَ الْحَسَنَةِ لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ اللهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ


"Dia berkata: "Hai kaumku, mengapa kamu minta disegerakan keburukan sebelum (kamu minta) kebaikan? Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat".
(QS.An naml : 46).

Allah menjauhkan dari azab

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ


"Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun".
(QS.Al-anfal : 33).

Allah memberikan kelapangan dari kesulitan
"Barangsiapa beristighfar secara rutin, pasti Allah memberinya jalan keluar dalam kesempitan dan memberi rezeki yang tiada terhingga padanya."
(HR.Abu Daud).

Allah akan memberikan rezekinya dari arah yang tidak disangka-sangka.
"Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka."
(HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Mudah-mudahan dengan mengetahui rahasia istighfar di atas, kita bisa lebih semangat untuk mulai mendawamkannya setiap saat.

0 comments:

Post a Comment